Daftar di bawah ini adalah calon-calon stasiun TV yang siap mengisi siaran di Jogjakarta. Calon dalam hal ini didasarkan atas penyelenggaraan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi syarat Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP). Artinya, para Content Provider TV ini sudah berada dalam proses perijinan untuk menyelenggarakan siaran di Yogya walaupun keluar-tidaknya izin tersebut adalah kewenangan pihak terkait. Harapannya kita, Content yang mereka sediakan adalah konten yang bermutu tinggi walaupun Free To Air, sebab sekarang ini acara-acara yang disajikan oleh stasiun-stasiun TV terkesan tidak mendidik dan bahkan divonis pembodohan rakyat.

Berikut daftarnya:
  1. NusantaraTV Jogja
  2. Kreasi Televisi Indonesia
  3. GEN TV
  4. Emotion TV
  5. Republika TV
  6. RainbowTV
  7. SportOneTV
  8. InspiraTV
  9. SukaTV
  10. PandawaTV

KETERANGAN:


EDP TELEVISI SWASTA " NUSANTARA TV dan KTI TV"
EDP TELEVISI SWASTA " NUSANTARA TV dan KTI TV"
Yogyakarta Kamis, 25 April 2013, pada pukul 09.00 -13.00 WIB, bertempat di Aula Plaza Informasi Dishub Kominfo DIY, Jln. Brigjen Katamso. Telah terlaksana Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) kepada 2 Lembaga Penyiaran Televisi Swasta. Diantaranya PT. Nusantara Media Mandiri Yogja (Nusantara TV YOGJA) dan PT. Kreasi Televisi Indonesia (KTI). EDP diselenggrakan oleh KPID DIY dan KPI Pusat dalam rangka proses Izin Penyelenggaraan Penyiaran Swasta. EDP ( Kamis 4/13 ) dipimpin oleh S.Rahmat M. Arifin, S.Si sebagai Ketua KPID DIY dan dan dihadiri oleh Tri Suparyanto, S.Pd, Amin Purnama, SH, Sukiratnasari, SH, Mohammad Zamroni, S.Sos, M.Si,Ki R. BAmbang Widodo, S.Pd dan Ahmad Ghozi Nurul Islam, S.Fil. Acara terlaksana lancar dan sukses, yang dilanjutkan acara terakhir penanda tanganan berita acara oleh tiap Lembaga Penyiaran yang di EDP dan penanda tanganan para Saksi.

EDP TELEVISI SWASTA "GEN TV, EMOTION TV dan REPUBLIKA TV"
GEN TV, EMOTION TV dan REPUBLIKA TV
Yogyakarta Selasa, 7 Mei 2013, pada pukul 09.00 -13.00 WIB, bertempat di Aula Plaza Informasi Dishub Kominfo DIY, Jln. Brigjen Katamso. Telah terlaksana Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) kepada 3 Lembaga Penyiaran Televisi Swasta. Diantaranya PT. Panutan Visual (GEN TV), PT. Pijar Innovasi Mandiri (Emotion TV), dan PT. Hikmah Media Visual (Republika TV). EDP diselenggarakan oleh KPID DIY dalam rangka untuk proses  Izin Penyelenggaraan Penyiaran Swasta. EDP ( selasa 5/13 ) dipimpin oleh S.Rahmat M. Arifin, S.Si sebagai Ketua KPID DIY dan dan dihadiri oleh Tri Suparyanto, S.Pd, Amin Purnama, SH, Sukiratnasari, SH, Mohammad Zamroni, S.Sos, M.Si,Ki R. BAmbang Widodo, S.Pd dan Ahmad Ghozi Nurul Islam, S.Fil. dan dihadiri oleh elemen para tamu undangan dari  Lembaga Penyiaran Swasta (TV dan Radio) dan  Institusi Pendidikan yang memeliki Prodi Ilmu Komunikasi dan Mahasiswa. Acara terlaksana lancar dan sukses, yang dilanjutkan acara terakhir penanda tanganan berita acara oleh tiap Anggota KPID di EDP dan penanda tanganan tiap Pemohon Penyelenggara Penyiaran.

EDP genTV, emotionTV, republikaTV di KPID DIY
Posted on by hadiyanta 
sumber: www.hadiyanta.com
EDP genTV, emotionTV, republikaTV di KPID DIYHari ini ada undangan acara EDP tiga content provider TV baru yang siap mengudara di Jogja, ketiganya adalah sebagai berikut :
1. GenTV
2. E-motion TV
3. Republika TV
Acara dimulai pada jam 9:38, molor seperti biasa dari undangan yang tertulis jam 09:00.
sumber: www.hadiyanta.com

Setelah dibuka dan sambutan dari ketua KPID DIY, acara dilanjutkan EDP (evaluasi dengar pendapat) atau istilah gampangnya ketiga TV ini presentasi untuk minta tanggapan dan masukan serta ijin untuk bersiaran di Jogja.
sumber: www.hadiyanta.com

GenTV adalah TV yang menembak sasaran generasi muda sebagai pemirsanya, tentu saja nanti acaranya khas anak muda. Dan di Jogja sudah berkolaborasi dengan radio JIZZ FM yang alamatnya di Sonosewu, apa ini dulunya radio BIKIMA itu ya? (oh iya baru ingat Rasia Lima, kalau Bikima kan yang di dekat Jalan Pramuka dekat Umbulharjo itu ya)

E-motion TV adalah awalnya PH (Production House) yang memasok acara-acara ke TV, dan sekarang mencoba untuk menyiarkan sendiri program yang dibuatnya. Sehingga sasarannya adalah hiburan. Musik dan sinetron sepertinya menjadi menu andalan dari TV ini.

RepublikaTV tentu kita bisa tebak, basisnya adalah koran Republika, mungkin seperti kompasTV yang basisnya adalah koran kompas, tentu saja RepublikaTV ini sumber daya untuk isi siaran bisa berkiolaborasi dengan koran Republika. Untuk Republika ini program utamanya adalah MENCERAHKAN DUNIA DAN AKHERAT.

Nantinya ketiga TV baru yang sedang dalam proses EDP dan perijinan ini, tentu saja dalam siarannya sudah dalam format DVB-T2, sehingga nanti tinggal menyerahkan penyiarannya kepada NETWORK PROVIDER yang mereka inginkan, ada 5 Network Provider, yang masing-masing bisa menampung 6-12 siaran sekaligus, sehingga bisa banyak pilihan mau bergabung di NETWORK PROVIDER yang mana.
Jadi kita tunggu saja apakah dalam waktu dekat ini mereka akan segera mengudara di jogja.

EDP rainbowTV dan sportOneTv di KPID DIY
Posted on by hadiyanta 

EDP rainbowTV dan sportOneTv di KPID DIY
Hari ini saya kembali menghadiri undangan acara EDP di KPID DIY, sedangkan yang akan EDP adalah dua TV yang akan bersiaran dengan mode siaran digital DVB-T2, yaitu rainbowTV dan sportOneTV.

EDP rainbowTV dan sportOneTv di KPID DIY
RainbowTV lebih seperti umumnya TV tetapi dengan konten yang dijanjikan akan tidak ada unsur porno, dan konten siarannya akan berisi hal hal mengenai lingkungan hidup dan pendidikan.
Program acaranya antara lain: Pelangi Jogja, Lunch Break, Go Green, Resto resto, Blusukan, Wanita Perkasa, Benny Show,Quick Cooking

EDP rainbowTV dan sportOneTv di KPID DIY

Sedangkan untuk sportOne adalah TV dengan konten siaran full acara olah raga, yang antara lain nanti program acaranya adalah: Olah raga Tradisinonal (seperti panahan, lomba egrang, dll), Olahraga Komunitas, Olahraga Kesehatan, Berita Olahraga, Arena Olahraga, Gaya Hidup, Film Olahraga, Diskusi olehraga, Kartun Olahraga, Bio Tokoh olahraga, Golden Moment, Sport Game.

EDP inspiraTV, sukaTV, pandawaTV di KPID DIY
Posted on by hadiyanta

EDP inspiraTV, sukaTV, pandawaTV di KPID DIY
Hari ini kembali saya menghadiri acara EDP di KPID DIY, kandidatnya ada 3 calon stasiun TV content baru.
EDP inspiraTV, sukaTV, pandawaTV di KPID DIY
1. InspiraTV, TV ini TV baru yang didirikan oleh anak anak muda yang dananya katanya diluar dari para pemain besar TV yang sudah ada. InspiraTV ini adalah CONTENT PROVIDER DIGITAL, sehingga besok tinggal ikut salah satu MUX yang ada di Jogja untuk siarannya digital.

2. SukaTV adalah TV kampus yang berasal dari UIN Sunan Kalijaga (IAIN SUKA), tapi anehnya tadi mereka bilang pemancarnya ada di lingkungan kampus UIN suka, mungkin pakai pemancar analog, tapi tidak jelas tadi pakai kanal frekuensi berapa.

EDP inspiraTV, sukaTV, pandawaTV di KPID DIY
3. PandawaTV adalah TV komunitas di daerah Sewon Bantul, dengan pemancar analog di 21 UHF dengan tinggi tower 60 meter, dan daya pacarnya bisa sampai 2,5km radiusnya. Apakah nantinya tidak interferensi dengan TVRI jogja yang ada di kanal 22 UHF dengan kekuatan 20KW?



SUMBER:
1. KPID DIY
2. HADIYANTA 


sponsored link

Post a Comment Blogger

  1. mudah2an semua tv lokal yg baru dari jogja dapat ditrima siarannya didaerahku.

    ReplyDelete
  2. Nusatv aka bchannel sdh siaran

    ReplyDelete
  3. mantap gan, lanjutkan

    ReplyDelete
  4. Koq Baru Nusa TV yang sdh siaran, yang lainnya kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edp keknya lagi proses perijinan gan..jadi diberi ijin atau tidak itu edp belum sampai ke situ begitu

      Delete

 
Top