JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengajukan usulan inisiatif anggaran program baru senilai Rp 638 miliar dalam Rencana Kerja Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RAKL) tahun 2014 kepada Komisi I DRR-RI. Dari usulan tersebut, sebanyak Rp 150 miliar akan digunakan untuk distribusi set top box pada program televisi (TV) digital.

“Dalam proposal inisiatif yang kami ajukan ini, sekitar Rp 150 miliar akan digunakan untuk distirbusi set top box bagi rumah tangga kurang mampu pada tahun depan,” jelas Menteri Kominfo Tifatul Sembiring usai Rapat Kerja Komisi I-DPR RI dengan Kemkominfo di Jakarta, Senin (9/9).

Tifatul menjelaskan, dari total satu juta unit set top box yang merupakan komitmen permeritah, Kemkominfo berencana mendistribusikan sekitar 500.000 unit pada tahun pertama. Pihaknya mengharapkan, usulan inisiatif tersebut dapat disetujui DPR agar program TV digital mampu berjalan dengan lancar.

Kemkominfo tengah menyiapkan beleid terkait distribusi set top box. Beleid akan diuji publik pada akhir September atau awal Oktober 2013. Bagi pemerintah dan penyelenggara stasiun TV swatsa yang mengantongi izin TV digital, distribusi set top box menjadi isu penting. Pasalnya, perangkat ini memungkinkan pesawat TV analog menerima siaran TV digital.

Tifatul berpendapat, migrasi TV digital merupakan tren teknologi yang tidak bisa terhindarkan. Hampir setiap negara di dunia sudah memulai proses migrasi siaran analog ke digital. Proses penyelengaraan TV digital pun dianggap mampu mendorong efisien energi. Kemkominfo dan DPR diharapkan bisa segera duduk bersama membahas draf revisi Undang-Undang (UU) Penyiaran.
  
SUMBER


sponsored link

Post a Comment Blogger

  1. Anonymous18/9/13 21:30

    Beleid itu apa ya?
    Trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beleid itu kebijakan, kebijaksanaan

      Delete
  2. Kalo melihat progresnya kayanya soal siaran digital ini sudah tidak seheboh awalnya, moga-moga tidak melempem di tengah jalan terpengaruh situasi politik.

    ReplyDelete
  3. Anonymous6/11/13 20:58

    baru saja mencoba,, mencari siaran
    digital di daerah perbatasan Jawa
    Tengah - DIY,,.
    posisi di ,, seputaran Jurangkah Kel.
    Dadirejo ,, Bagelen ,, Purworejo,,.arah
    antena ke Barat. siaran yang di dapat saat ini hanya 2
    Channel,, SCTV Network dan Indosiar
    Network,, di Freq 570MHz/BW 8MHz,,

    ReplyDelete

 
Top