Sebelum Anda membeli Antena UHF untuk keperluan penangkapan sinyal baik untuk TV Analog maupun TV Digital untuk perangkat Tuner Anda seperti Televisi, Set Top Box, TV Tuner, dll, ada baiknya Anda pelajari dahulu apa saja yang akan Anda pasang, untuk bisa mendapatkan hasil siaran tv yang baik, bagus, dan memuaskan dengan membaca tulisan saya berikut ini.

Berhubung banyak sekali yang menanyakan tentang Antena UHF (Ultra High Frequency) untuk menyaksikan siaran TV Terrestrial baik Analog dan Digital, yang karena siaran Satelit untuk Piala Dunia dan Siaran Pertandingan Sepak Bola yang lain tidak bisa diharapkan lagi oleh Para Masyarakat Pecinta Siaran Bola.

Kenapa siaran Bola di Satelit diacak ? Jawaban yang paling mudah adalah karena Hak Siar. Pihak Penyelenggara hanya menjual Hak Siar kepada Pembeli secara Terrestrial atau Teritorial yang artinya Pembeli tidak boleh menyiarkannya melebihi batas teritorial Negaranya.

Jadi misalnya Perusahaan A di Indonesia membeli hak siar lalu disiarkan melalui Satelit Palapa atau Telkom, maka dengan mudahnya orang Australia, Malaysia, dll menyaksikan siaran itu melalui Antena Parabola, tidak perlu dong Malaysia beli hak siar, akhirnya penyelenggaranya yang rugi. Sampai-sampai Indonesia saking mematuhi kontrak hak siar itu, dikembangkanlah tehnologi acakan itu menjadi lebih canggih agar benar-benar tidak melebar sampai negara lain.

Disini saya mengajak kepada Masyarakat Indonesia yang setiap harinya menikmati siaran TV dari Satelit untuk memaklumi keadaan tersebut, memang seolah-olah kita masyarakat yang dikorbankan tetapi Perusahaan juga tidak mau terkena sanksi atas pelanggaran hak siar itu.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa siaran Analog maupun Digital Terrestrial didistribusikan melalui frekuensi UHF dan memang sudah menjadi ketetapan Pemerintah juga. Artinya pasti Pemerintah juga telah mempertimbangkan kenapa dipilih saluran UHF bukan VHF (Very High Frequency) yang sebenarnya kalau menurut saya VHF lebih baik untuk jangkauan siaran. Untuk wilayah Yogyakarta, Pemancar Relay Siaran Televisi berada di Bukit Ngoro-oro Patuk Gunung Kidul. Untuk Peta lokasi bisa dilihat DISINI.

Saya mencoba memberi sedikit gambaran di tengah keterbatasan ilmu saya mengenai hal tersebut. Untuk itu segala macam bentuk koreksi dan tambahan dari Pembaca sehubungan dengan tulisan saya pada post ini sangat saya harapkan.

DIFRAKSI GELOMBANG

Difraksi adalah peristiwa berbeloknya gelombang yang dibentuk oleh celah sempit atau penghalang baik penghalang itu bersifat menyerap atau memantulkan. Kebanyakan penonton televisi adalah penonton yang memanfaatkan difraksi.

uhf tv los antenna
 "Tetapi, penerimaan yang paling sempurna adalah jika antena penerima berada pada garis pandang dengan antena pemancar, atau lebih dikenal dengan istilah LOS (Line Of Sight)"

frequency diffraction
diffraction pattern examples

Gambar diatas menunjukkan difraksi gelombang VHF (atas) dan gelombang UHF (bawah). Antena yang terpasang di sebelah kanan gedung harus menunjuk ke arah atas gedung karena disitulah sinyal berasal. Biasanya pada frekuensi rendah, gelombang akan terdifraksi dengan baik, untuk gelombang VHF sangat jelek terdifraksi tetapi untuk UHF 10 kali lebih buruk dari VHF.
"Disini bisa disimpulkan bahwa sinyal UHF itu tidak bisa terdifraksi dengan baik oleh gedung apalagi menembusnya. Pasanglah antena TV Anda melebihi ketinggian atau mengarahkannya ke bagian atas Gedung"

PANTULAN / REFLEKSI TANAH

Kadang-kadang gelombang sinyal terdifraksi dari halangan sebelumnya membelok ke bawah menuju tanah. Apabila tanahnya datar, pantulan ini akan sangat bermanfaat.

refleksi tanah sinyal tv
VHF Instantaneous Voltage Diagram

refleksi sinyal tv
VHF Average Power Diagram

sinyal tv uhf
Average power diagram for UHF

effective aperture tv antenna
Average power diagram for UHF

gambaran sinyal tv pantulan
Average power diagram for UHF

Kedua gelombang saling melewati tanpa mempengaruhi satu sama lain. Tapi antena merespon jumlah sesaat dari dua gelombang yang tumpang tindih itu, dimana jika dua gelombang saling mengurangi, maka akan ada tempat di mana penerimaan menjadi sangat lemah. Hasilnya adalah wilayah bergaris meliputi lapisan sinyal kuat dan sinyal lemah sejajar dengan tanah dengan tinggi sekitar 50cm tiap lapisannya. Jadi ada kasus di mana apabila kita menurunkan ketinggian antena maka sebenarnya kita memasukkan antena  kedalam wilayah dengan sinyal yang lebih kuat.

Saya sendiri pernah mengalaminya ketika membantu memasang antena UHF di dekat pegunungan, sinyal kuat pada titik angka 3 meter, tidak mau lebih dan tidak mau kurang. Sayangnya wilayah yang kuat untuk sebuah channel bisa jadi adalah wilayah yang lemah untuk channel yang lain, sehingga penggabungan 2 antena atau lebih, bisa saja diperlukan. Untuk penggabungan 2 antena atau lebih, Anda diharuskan memasang Antena Mixer. Pemasangan Antenna Mixer ini disarankan menggunakan kabel dengan panjang 50cm atau sekitar 1 kali panjang gelombang 600MHz ( 1 Lambda).

uhf mixer antenna tv
Antenna Mixer
Dari sini bisa disimpulkan, bahwa pada daerah tertentu yang sinyalnya menggantungkan pemantulan tanah, pemasangan antena terlalu tinggi hasilnya tidak akan memuaskan, malah dengan ketinggian beberapa meter saja siaran sudah bisa didapatkan"

tinggi rendah tiang antena
ã King Features Syndicate.  Reproduced here with permission

POHON DAN GELOMBANG UHF

Dalam simulasi berikut, pohon diasumsikan sebagai bola sempurna yang memblokir 90% dari sinyal.

sinyal tv jelek
sinyal tv pohon

Jika antena berada di belakang pohon, maka antena berada dalam bidang tumpang tindih, bidang lemah yang melewati pohon ditambah bidang lemah yang difraksi di sekitar pohon. Bidang tumpang tindih itu rumit, dengan titik-titik yang kuat dan titik-titik lemah. Hal ini akan berlaku bahkan jika pohon tidak berbentuk bola yang sempurna. Jika Anda memasang antena UHF di balik pohon, Anda mungkin akan melihat sinyal terputus atau gambar yang semakin bersemut ketika angin bertiup karena titik-titik kuat dan lemah akan bergerak sebagai perubahan bentuk pohon. Bahkan di lingkungan dengan sinyal yang mudah diterima-pun  tidak disarankan untuk menempatkan antena UHF di balik pohon. Semakin jauh pohon, semakin sedikit dari masalah itu. Untuk pohon yang jauh, anggap saja tidak ada sinyal menembus pohon, maka sebenarnya penerimaan adalah dengan difraksi di sekitar pohon itu.
"Dari sini bisa disimpulkan bahwa pemasangan antena lebih baik jika lebih tinggi dari pohon di depan antena"

SALURAN LISTRIK

tv jelek karena saluran tegangan tinggi

Saluran listrik bersifat mencerminkan sinyal. Tapi itu hanya salah satu alasan saja mengapa antena harus jauh dari jaringan listrik. Jika ada noise RF di saluran listrik, maka RF akan mengirimkan sinyal suara ke antena terdekat. Disamping itu telah banyak orang yang tewas ketika antena mereka roboh atau tersenggol ke saluran listrik. Bahkan Channelmaster merekomendasikan bahwa antena harus dijauhkan dari jaringan listrik dengan jarak dua kali panjang tiang ditambah dua kali panjang antena.

"Halaman Tips dan Trik Memasang Antena UHF akan selalu saya Update,
Silahkan kunjungi secara berkala"


pasang antena tv yang benar


sponsored link

Post a Comment Blogger

  1. Replies
    1. yap..trims mas, bersambung..

      Delete
    2. mas mohon info sinyal digital di kota padang sdh masuk belum

      Delete
  2. aku tadi sdh transfer buat ambil titi 1....ditunggu kirimannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. woalah njenengan to gan..sudah masuk ke JNE juga kok, ini nomor resinya JOGB400118534414 hehehe...lewat sini saja smsnya ya mas..

      Delete
  3. nanti misale hasil kurang bagus bisa ditambah booster to mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah pake booster dulu mas, tracking aja dulu di sekitar rumah semoga dapet, nah kalau udah mentok ntar baru tambah booster, rekomen yg bagus sekalian seperti DX-W9900

      Delete
  4. hhhhh...ok deh...nnt tak coba dulu, ente punya stok booster DX-W9900 jg tah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga punya e mas..buat modal stb dulu hehehe

      Delete
  5. kira kira nyampe hari apa kirimannya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu udah nyampe magelang hehehe coba ditrack..moga besok atau jumat dah sampai

      Delete
  6. yups, sip lah,,,dulu waktu aku msh pake antena uhf biasa gambar yg paling lumayan bagus trans, rcti, indosiar, yg lain semut tawuran, malah antv ma metro ga muncul sama sekali...itupun jg nggon nggonan...punyaku bisa keliatan tp tetangga sebelah ga keliatan gitu......hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang begitu karakter, coba baca tulisan saya diatas ya mas, sudah sedikit saya lengkapi barusan

      Delete
  7. yups...nanti tak coba ritualnya, semoga berhasil, kiriman TITIS sdh nyampe dengan selamat sentosa

    ReplyDelete
  8. Klo daerah parangtritis bisa ngak'selama ini harus pakai parabola'tks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parangtritisnya mana ? gabung ke sini mas https://www.facebook.com/groups/tvdigitaljogja/

      Delete
  9. Mas maaf kalau pake booster DX w990 mau disambungkan ke Set top box gimana caranya? apakah kabel dari booster langsung dicolokkan ke port antena in pada STB tanpa lewat power suplay booster? atau kabel dari booster ke power supply booster dulu kemudian dari power supply booster baru disambungkan ke STB?

    Minta pencerahannnya mas. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Bro ijin nanya
    Klo mau pasang CATV signal amplifier digabung booster DX W9900 bisa?
    Rcn utk split ke 3 TV
    Matur nuwun mas bro....

    ReplyDelete
  11. Mereka yg berhasil masih relatif dekat dg.relai mas, coba kalau di tempat saya yg di pegununggan , radius 60 - 70 km dari relai, pasti susaaah cari signal?????

    ReplyDelete
  12. ada pengalaman utk wilayah Kutoarjo (>70 km dari Bukit Pathuk)?

    ReplyDelete
  13. Kalo wilayah kab. jember gmn.... soale disini sulit banget siaran tvone dan antv???

    ReplyDelete
  14. untuk kab. jember sulit banget mendapatkan siaran tvone dan antv???? gmn dong...

    ReplyDelete
  15. gmn untuk kab. jember mendptkn siaran tvone dan antv kok sulit banget....????

    ReplyDelete
  16. agan jual antena titi nya? berapa harga?

    ReplyDelete
  17. Gan, ane sudah pake DVB-T2 merek Skybox kok ga bisa nonton piala dunia,padahal khan lewat terestrial? mohon pencerahan (kalau lewat analog TV one ada)

    ReplyDelete
  18. Thanks untuk infonya
    sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  19. Numpang tanya, klo 1 antena tv dipakai lebih dari 1 tv ( misal 3 tv ) dengan cara dicabang kabelnya tanpa memakai booster tanpa memakai signal amplifier apa akibatnya pada kualitas sinyal yg diterima?thx b4. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  20. smping rmah sya ada bgunan 20m, ga bsa nangkep sinyal sm skal. apa hrus pake booster? kl booster sm catv bs dgbung???

    ReplyDelete
  21. Mas kalo di pagar alam sumatera selatan kira" bisa gak ya? coz selama ini cm bisa pake parabola..

    ReplyDelete
  22. mas ijin bertanya ne, hehee

    pilihan 1:
    - titis
    - kabel kitani 5c (tanpa booster)
    - booster DX-W 9900

    pilihan 2:
    - titis
    - kabel kitani 5c (tanpa booster)

    pilihan 3:
    - titis
    - kabel coaxial biasa
    - booster DX-W 9900

    dari pilihan gabungan alat diatas, nomor mana yang bisa maksimal untuk penerimaan sinyalnya?
    posisi ane di Karangampel, Indramayu yg notabenenya adalah daerah pesisir pantai yg datarannya rendah karena dekat laut dan
    jarak terdekat antara stasiun relay TV kira2 50km-an yg berada di Kuningan, Jawa Barat.

    mohon pencerahannya yg rada detail ya mas biar jadi pinter dikit, hehee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu Titis tanpa booster tapi kabelnya Federal 5C hehehe.. banyak yang udah buktikan penerimaan tetep bagus walau tanpa booster dengan kabel yg bagus juga dan tidak lupa melakukan tracking..

      Delete
    2. Numpang nanya. Saya pasang antene tv di aras tiwer gsm malahan ga dpt signal. Pengaruh apa dan caranya gimana. Karena tempat saya berbukit hrs pake parabola saja

      Delete
  23. Om saya masang antene tv di atas tower gsm karena daerah saya berbukit tapi malahan ga dapat signal. Kira kira jenapa dan caranya gimana. Saya kira semakin tinggi bisa meberima signal tksh

    ReplyDelete
  24. Mas, receiver yg bagus apa mas.

    ReplyDelete

 
Top