Makassar, 17/3 (Selasar/Antara) - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan mengharapkan agar Smile TV sebagai saluran televisi digital menayangkan siaran bermuatan edukasi.

"Sebaiknya setiap program siaran yang akan ditayangkan Smile TV dapat memberikan edukasi kepada pemirsa," kata Ketua KPID Sulsel Alem Febri Sonni di Makassar, Selasa.

Dalam dengar pendapat Evaluasi Dengar Pendapat Lembaga Jasa Penyiaran Televisi Digital di Makassar bersama PT Nayonawo dalam hal ini Smile TV, Aliem menyatakan hal itu diperlukan menggingat banyak tayangan televisi kurang mendidik.

"Kami berharap tayangan yang disajikan tidak hanya mengejar profit dan rating tetapi yang ditekankan adalah edukasi kepada masyarakat," paparnya.

Pemilik Smile TV Andy Flores Noya dikenal sebagai presenter Kick Andy itu menyatakan kehadiran siarannya di Sulsel sebagai langkah awal dalam perubahan paradigma siaran berjaringan menggunakan layanan internet.

"Kami menegaskan siaran smile TV nantinya lebih kearah edukasi dan keluarga. Kami tidak mengejar rating tetapi bagaimana kepada masyarakat disungguhkan tanyangan yang berkualitas, "ujar Andy.

Kendati siarannya hanya bisa dinikmati melalui jaringan internet sebagai lembaga penyiaran swasta pihaknya berupaya agar dapat memasukkan selain konten keluarga juga budaya dan kearifan lokal.

Mengenai mengejar profit, kata Andy, dirinya sudah berpengalaman di televisi nasional mengelola profit tanpa menggadaikan integritas televisi yang dia bangun saat ini.

"Semua perusahaan televisi pasti mengejar keuntungan, tetapi jalan kami berbeda bagaiamana mengelola profit dengan cara yang jitu misalnya pemberdayaan CSR dan lainnya," tandas pemilik Yayasan Kick Andy dan Kick Andy Enterprise itu.

Menurut dia Smile TV hadir sebagai media inspirasi serta bagaimana menghadirkan tayangan yang dekat dengan kondisi keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dirinya tidak ingin terjebak dengan tayangan politik prakstis.

"Saya selalu memberikan inpsirasi kepada orang-orang untuk lebih maju, berdasarkan pengalaman-pengalaman, mudah-mudahan Smile tv nantinya bisa menjadi televisi yang baik bagi masyarakat. Televisi ini hadir berdasarkan asas idealisme," tambahnya.

Kendati bermodalkan Rp10 miliar mendirikan stasiun televisi digital, Andy menyatakan optimistis televisi yang dia bangun akan berjalan lancar dan dapat eksis meskipun dengan modal kecil.

"Kami tidak akan menayangkan tindakan kekerasan atau sejenisnya sebagai bentuk idealisme menciptakan berita dan tayangan informasi mendidik," ulasnya Sebelumnya, tahun ini ada 19 siaran televisi digital berjaringan akan beroperasi di Indonesia dari 44 yang sudah diverifikasi KPI.

Muhammad Ridha Intifadha

SUMBER: https://www.selasar.com/gaya-hidup/kpid-sulsel-harapkan-tayangan-smile-tv-edukasi

sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top