Jakarta, Selular.ID – Majelis Hakim PTUN telah membatalkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 22 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan TV digital yang diajukan oleh Asosiasi Televisi Jaringan Indonesia (ATVJI) dengan dikabulkannya gugatan yang diajukan pleh ATVJI terkait aturan tersebut.

Meski dikabulkannya gugatan terjadap Permen TV digital yang secara otomatis membatalkan aturan tersebut, saat ditemui Selular.ID di ruang kerjanya pagi ini (9/3/2015), Rudiantara, Menkominfo RI menegaskan bahwa rencana digitalisasi TV ini akan terus berjalan. “Jalan terus, saya juga sampai sekarang belum menerima salinan putusannya,” tegas Rudiantara.

Lebih lanjut, Menteri yang biasa disapa Chief RA ini menyatakan bahwa putusan tersebut tidak akan menggangu rencana analog switch-off penyiaran TV. “Kita kan butuh frekuensinya untuk menggelar broadband,” jelasnya.

Seperti diketahui frekuensi 700Mhz yang selama ini digunakan umtuk penyiaran TV analog akan dialokasikan penggunaannya untuk layanan internet cepat 4G LTE. Analog switch off ini direncanakan akan mulai dilakukan tahun depan.

Chief RA juga menjelaskan bahwa terkait TV digital ini para pelaku penyiaran berharap pelaksanaan digitalisasi TV ini diatur dalam regulasi (UU). Saat ini DPR dalam program legislasi nasional (prolegnas) akan melakukan revisi UU Penyiaran. “Jadi ya kita tunggu saja regulasinya selesai direvisi”, pungkasnya. (bda)

Penulis Indra Khairuddin

SUMBER: http://selular.id/news/2015/03/meski-regulasi-dibatalkan-tv-digital-lanjut-terus/

sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top