RF AMPLIFIER / PENGUAT SINYAL

Booster TV / TV Signal Amplifier
Disini booster seringkali dibutuhkan agar siaran yang Anda dapat bisa lebih sempurna. Akan tetapi pemasangan booster ada baiknya dilakukan apabila Anda sudah benar-benar tidak menemukan tempat yang ada sinyal UHFnya atau penerimaan sangat-sangat buruk karena jarak dengan pemancar atapun karena halangan, dengan kabel dan antena yang telah dijelaskan sebelumnya saja. Pemilihan jenis booster akan sangat berpengaruh, sementara ini booster terbaik yang beredar di pasaran di Indonesia adalah DX W-9900.

Penempatan booster jenis ini adalah di bawah antena, dihubungkan dengan kabel coaxial antena berimpedansi 75 ohm, disarankan  maksimal menggunakan kabel coaxial sepanjang 50cm atau 1 Lambda. Bahkan akan lebih baik apabila booster bisa menempel pada driven antena seperti pada antena jenis yang berputar, booster dijadikan satu dengan elemen driven pada antena.

Booster Antenna

Antenna Amplifier menempel langsung pada Elemen Driven

Fungsi dari booster ini adalah menguatkan sinyal yang masuk di antena, sebagai contoh di daerah Anda, antena bisa menangkap 15% sinyal, oleh booster ini sinyal tersebut dikuatkan menjadi 80% lalu masuk ke tuner televisi sehingga siaran menjadi bersih.

Sering ada salah kaprah disini, perangkat di bawah dinamakan "Booster Bawah", perlu Anda ketahui bahwa perangkat yang dibawah itu adalah Power Supply atau Adaptor yang didesain sedemikian rupa sehingga alat itu menurunkan tegangan 220 volt listrik menjadi tegangan rendah tertentu lalu mendistribusikan tegangan rendah itu ke rangkaian booster di atas agar bekerja dengan baik. Kerusakan Power Supply akan sangat menghambat sinyal yang masuk bahkan tidak ada sama sekali.

Interferensi akibat gelombang elektromagnetik

Kelemahan Booster Antenna:

  1. Untuk daerah tertentu pemasangan booster antena malah menambah masalah. Sinyal-sinyal kecil dari Pemancar TV diluar sinyal inti ikut juga diperbesar, akibatnya akan mengganggu penerimaan siaran dari Pemancar TV yang lain atau terjadi Electromagnetic Interference (EMI).
  2. Piranti elektronik kadang-kadang hanya berumur pendek, belum lagi resiko terkena panas dan hujan, petir, dan lain-lain. 


CATV Signal Amplifier
CATV Signal Amplifier

Selain untuk membagi sinyal satu antena ke beberapa televisi, atau disebut sebagai splitter aktif karena menggunakan catu daya listrik, CATV Signal Amplifier sering juga disebut sebagai Line Amplifier, fungsi dari alat ini adalah mempertahankan sinyal yang diperoleh Antena melalui kabel agar tetap kualitasnya ketika didistribusikan ke beberapa perangkat televisi.

Misalnya sinyal yang masuk pada antena adalah 50%, masuk ke Line Amplifier dan didistribusikan ke Line Outnya masing-masing masih kurang lebih pada angka 50% walaupun melalui kabel yang panjang.

CATV Trunk Amplifier
CATV Trunk Amplifier Power Supply Unit

Gambar diatas adalah CATV Trunk Amplifier beserta Power Supply Unit-nya, fungsinya hampir sama dengan CATV Signal Amplifier, bedanya bahwa sinyal yang dikuatkan pada kabel lebih besar, bisa untuk 300 - 500 meter kabel.

Untuk port sisa / tidak terpakai, disarankan untuk memasang Connector Terminator Caps seperti gambar di bawah ini:


Dari sini Anda pasti sudah bisa membedakan antara Booster TV dan CATV Signal Amplifier

RITUAL SIGNAL TRACKING


Mungkin judul ini agak aneh tetapi untuk Anda yang berada di daerah yang sulit sinyal seperti di daerah pegunungan atau perbukitan, ritual tracking ini saya yakini akan menambah kemungkinan mendapat sinyal UHF dari 0% menjadi 50%. Ritual ini tidak memerlukan sesajen yang mungkin pernah Anda lakukan demi tujuan tertentu walaupun misinya adalah sama, yakni mendapatkan sinyal dari stasiun TV. Ritualnya bisa dibilang susah-susah gampang, cukup keluarkan televisi anda ke halaman rumah. Pasang antena pada tiang sekitar 2 meter, hubungkanlah kabel antena ke televisi. Mulailah dengan berdoa lalu berjalanlah perlahan ke sekeliling rumah Anda, buatlah variabel arah antena dan ketinggiannya saat Anda berhenti pada sebuah titik. Setiap 2 langkah berhentilah, putar sedikit-sedikit ke segala arah dan naik-turunkan tiang yang Anda pegang sambil melihat layar televisi sampai mendapatkan sinyal terbaik atau gambar paling jernih. Mungkin foto ini bisa membantu :

Tracking UHF Signal
TVDXing

INTI TRACKING SINYAL:
Tinggi Rendah Antena
Lokasi Tiang Antena
Arah Antena ( Azimuth )
Sudut Antena Terhadap Garis Horisontal ( Elevasi )

Pengalaman:
  • Antena terpasang 3,5 meter dari permukaan tanah di daerah pegunungan,
  • Antena terpasang di halaman rumah tetangga dengan izin si empunya halaman,
  • Antena terpasang 2 meter di pinggir pantai,
  • Antena terpasang di atas gawang pintu sebuah rumah
Pada ritual ini memang sangat dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan waktu yang cukup luang. Jangan mudah putus asa...semoga berhasil.

Mereka Yang Berhasil
screenshot ki bagong

Lokasi: Jalan Monjali Yogyakarta, arah antena ke Ngoro-oro terhalang bangunan Hotel Tentrem


GAMBAR-GAMBAR ACUAN


 klik pada gambar untuk memperbesar 
Skema Kabel Antenna dan Splitter

Untuk pemasangan antena, splitter, dengan hasil yang maksimal sekaligus penghematan, Anda bisa menggunakan cara seperti gambar di atas, pilih antena terbaik dan splitter aktif (CATV Signal Amplifier), hubungkan antena dan splitter dengan kabel terbaik juga misalnya Kabel Federal, atau mungkin RG7 dengan bahan terbaik, taruh splitter di bawah plafon atau di dalam loteng yang terdekat dengan tiang antena, ini akan menghemat kabel dengan harga mahal. Selanjutnya kabel antara splitter dan TV Anda bisa gunakan kabel yang biasa saja seperti Kabel Belden atau Tanaka dll.

Penerapan Splitter pada Hotel
Penerapan Splitter pada Blank Area

"Halaman Tips dan Trik Memasang Antena UHF akan selalu saya Update,
Silahkan kunjungi secara berkala"



Next: Part 4


sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top