YOGYA (KRjogja.com) - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY berharap Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) segera memberikan kepastian hukum terhadap kelanjutan nasib penyiaran digital. Hal ini terkait putusan PTUN yang menyatakan pembatalan Peraturan Kementeri (Permen) Komunikasi dan Informatika Nomor 22 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan televisi digital.

"Poin ini yang jadi pembahasan serius dalam Rakornas KPI, 30 Maret-2 April 2015 kemarin di Makassar. Dalam kesempatan itu KPI sepakata, termasuk juga harapan KPID DIY untuk mendesak Kemkominfo memberi kepastian hukum menyangkut hal itu," tutur Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Siaran KPID DIY Trapsi Haryadi SIP kepada KRjogja.com di Kantor KPID DIY Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta, Senin (6/4/2015).

Ditegaskan Trapsi, kepastian hukum ini perlu segera diberikan karena semua Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) digital mengalami kebimbangan. Pasalnya dengan putusan PTUN tersebut, aturan tentang penyelenggaraan penyiaran digital batal demi hukum.

"Di Yogyakarta sendiri ada 22 LPS digital yang berhak mendapatkan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP). Sebagian besar IPPnya sudah turun. Dalam UU Penyiaran, bagi yang sudah mendapatkan IPP harus melaksanakan ujicoba siaran. Dengan batalnya Permen Kominfo ini, tentu ada kekosongan aturan hukum yang harus segera disikapi," ucap Trapsi.

Soal ujicoba siaran ini menurut Trapsi yang jadi dilema tersendiri. Sebab di satu sisi LPS televisi digital harus mematuhi ketentuan undang-undang untuk melaksanakan ujicoba siaran selama setahu. Tapi di sisi lain, sudah tidak ada lagi ketentuan karena PTUN termasuk menggugurkan keputusan perihal  lembaga multiplexing MUX yang jadi penyedia hak siar untuk televisi digital.

"Karena itulah ketika nantinya masa ujicoba siaran bagi LPS televisi digital sudah habis, kami akan koordinasi dulu dengan KPI Pusat selama belum ada peraturan baru," sebut Trapsi. (*-5)

Danar Widiyanto

SUMBER: http://krjogja.com/read/255343/hukum-tak-jelas-dilema-lps-televisi-digital.kr

sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top