Menkominfo Rudiantara (MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Komunikasi Informatika saat ini memfokuskan perhatian pada dua sektor, telekomunikasi dan penyiaran. Keduanya sama-sama memanfaatkan teknologi digital, dan untuk penyiaran, pemerintah juga terus mendorong penerapan teknologi digital.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Dia mengatakan, dalam hal ini, penyedia siaran dan masyarakat merupakan dua pihak yang dirangkul.

"Sekarang penyiaran menggunakan frekuensi 700 Mhz. Mayoritas masyarakat Indonesia saat ini masih  menggunakan televisi berbasis analog," kata Rudiantara Selasa (7/4/2015).

Tentu saja, alasan stasiun radio dan televisi masih mengutamakan teonologi analog karena masyarakat Indonesia, terutama yang berada di luar kota besar, masih memiliki televisi dengan teknologi analog. Hal ini memang wajar, dan pemerintah terus membujuk mereka agar memanfaatkan teknologi digital secara menyeluruh.

"Targetnya kita jadikan frekuensi 700 Mhz menjadi frekuensi emas untuk penyiaran. Berbasis digital dan bisa menggapai semua kalangan masyarakat," katanya.

Sebagai salah satu langkahnya, pemerintah berencanan untuk menggunakan 120 Mhz dari frekuensi 700 Mhz ini untuk jaringan broadband. Namun, fokus broadband ini bukan untuk operator telekomunikasi, melainkan untuk penyiaran sepenuhnya.

ABE

Mohammad Mamduh

SUMBER: http://teknologi.metrotvnews.com/read/2015/04/07/382274/pemerintah-ajak-masyarakat-beralih-ke-tv-digital

sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top