RMOL. Perkembangan teknologi informasi dalam hal ini Televisi telah memiliki kemajuan yang luar biasa, bahkan setiap penduduk indonesia terutama di pulau jawa telah memiliki televisi di rumahnya sehingga tidak heran pengaruh televisi begitu besar di masyarakat.

Peran pemerintah dalam mengatur dan melaksanakan televisi digital telah dilakukan sejak 2012, namun pada pelaksanaanya tidak berjalan sesuai dengan rencana yang telah di tetapkan, baik dari pemerntah maupaun swasta dan pengelola televisi swasta.

"TV digital merupakan bentuk keniscayaan dari perkembangan teknologi informasi, seperti halnya internet, namun dalam perkembangannya mengalami berbagai kendala dan penolakan dari segelinir pengusaha televisi," kata Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informasi bidang teknologi, Ir Woro Indah Widyastuti melalui rilis tertulisnya.

Padahal, menurut dia, apabila masyarakat indonesia menggunakan TV digital akan memperoleh banyak manfaat mulai dari gambarnya lebih jernih, suaranya jelas serta berbagai channel dan masyarakat menikmati siaran televisi secara gratis (free to air).

"Cukup memasangkan set top box atau semacam recorder, di mana proses penyambungan seperti DVD, namun ini dari kabel antena ke set Top Box dan kabel set Top Box di sambukan ke televisi," sambungnya.

Untuk itu Kemenkominfo bekerjasama dengan Universitas Mustopo (Beragama) dan majalah Broadcastmagz menyosialisasikan tentang Televisi Digital, hal ini karena mahasiswa yang secara ekonomi dan pengetahuan lebih baik masih awam dan salah persepsi terhadap informasi tersebut. Karena di beberapa negara maju seperti Amerika dan Eropa bahkan Asia telah menggunakan set top box pada televisi di masing - masing rumahnya.

Dengan adanya sosialisasi dan edukasi di kalangan mahasiswa, Woro berharap mampu menyebarkan informasi tekait Televisi di gital kepada masyarakat, dengan demikian masyarakat indonesia akan melihat siaran televisi lebih baik.[wid]

Laporan: Widya Victoria

SUMBER: http://ekbis.rmol.co/read/2015/06/13/206081/Kapan-Masyarakat-Indonesia-Gunakan-TV-Digital-

sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top