Di blog ini terdapat halaman Tips Dan Trik Memasang Antena UHF, disitu sudah saya jelaskan secara detail bagaimana cara memasang antena dengan baik dan benar dengan harapan kita bisa dapatkan hasil siaran atau sinyal yang baik juga, dari mulai pendisitribusian sinyal dari tower pemancar tv sampai pada ujung colokan antena televisi kita.

Pada bahasan kali ini saya akan sampaikan satu kesalahan fatal yang mungkin sering terjadi dan kita abaikan karena ketidaktahuan kita pada saat kita memasang antena tv. Letak kesalahan itu adalah pada instalasi kabel coaxial antena pada kedua ujungnya, baik itu kabel coaxial jenis RG6, RG59, 5C, 7C, dan lain sebagainya

Sebelumnya kita tahu bahwa bahan baku pembuatan kabel coaxial sangat beragam, dari bahan kawat inti, bahan isolator kawat inti, bahan kawat serabut, sampai bahan isolator luar yang berhadapan langsung dengan cuaca. Kali ini kita perhatikan kawat tengah kabel coaxial kita dan abaikan dulu yang lain.

Pada bahasan sebelumnya saya pernah sampaikan bahwa sinyal siaran tv yang didapat oleh antena tv uhf didistribusikan melalui kabel coaxial yakni pada penampang kawat tengah atau badan bagian luar dari kawat kabel coaxial tersebut. Dari sinilah sebenarnya asal muasal kenapa pabrik kabel memproduksi kabel dengan kawat besi atau kawat aluminium yang disepuh atau dilapisi tembaga pada badan luar kawat. Termasuk jika Anda pernah pasang baru listrik PLN, anda akan mendapati Grounding berupa batang besi yang dilapisi tembaga.

Kawat dilapisi Tembaga

Dari segi bahan inti kawat diantaranya ada yang berbahan besi dan ada yang berbahan aluminium. Pada bahasan sebelumnya saya sampaikan bahwa apabila bahan inti kawat itu adalah besi, maka kawat tersebut akan lengket pada magnet.

Bahan inti kawat besi lengket terhadap magnet

Bagaimana apabila bahan inti kawat itu adalah aluminium ? Tentu saja jika kita ujicoba dengan magnet tidak akan lengket.

Cara mengetahui lapisan kawat dengan mengeriknya
Cara mengetahui lapisan kawat dengan melihatnya

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengerik kawat itu dengan cutter, atau melihat secara visual dari arah depan potongan kawat secara lurus, gunakan kaca pembesar jika perlu. Dari situ Anda bisa simpulkan sendiri jenis kawat pada kabel yang Anda miliki.

Pada produk tertentu apabila menggunakan kawat sepuhan, dicantumkan juga dalam spesifikasi kabel yang diproduksi. Salah satunya menggunakan kode CCA atau Copper Clad Aluminium.




Segi bagaimana cara melapisi tembaga itu di pabrik kabel juga sangat beragam misalnya dengan cairan kimia tertentu, atau dengan melapisi kawat dengan pelat tembaga yang tipis, atau yang lebih irit lagi adalah dengan model coating atau mengecatnya saja sehingga bisa jadi lapisan tembaganya sangat-sangat tipis.

Dasar dari adanya pelapisan kawat itu adalah diantaranya: pertama dari prinsip bahwa yang terpakai atau fungsi utama adalah penampang kawat/badan terluar kawat, dan yang kedua bagaimana agar kabel itu efektif, efisien, dan terjangkau harganya. Biasanya kabel dengan kawat inti aluminium sedikit lebih mahal dari kabel dengan kawat inti besi, untuk kawat inti besi yang lengket dengan magnet resikonya adalah karat.

Dari penjelasan di atas sekarang kita masuk pada inti bahasan kesalahan pada instalasi kabel coaxial antena tv. Berikut ini adalah struktur komponen yang terdapat pada sebuah kabel coaxial antena:

Coaxial Cable Structure

Keterangan dengan bahasa umum kita:

  • A / Conductor adalah kawat tengah,
  • B / Insulation adalah isolator kawat tengah,
  • C / Binder adalah seal dari aluminium foil,
  • D / Braid Shield adalah kawat serabut, dan
  • E / Jacket adalah lapisan luar kabel

Pada instalasi kabel coaxial antena pada umumnya, misalnya saat kita akan memasang konektor F pada kabel, tahap pertama adalah memotong lapisan luar kabel dengan menggunakan cutter, tahap kedua adalah melipat / merapikan kawat serabut, tahap ketiga adalah memotong lapisan aluminium foil, tahap selanjutnya inilah yang sangat penting yakni memotong isolator kawat tengah.



Apabila Anda atau Installer atau tukang Anda memotong isolator kawat tengah tersebut tanpa perhitungan yang tepat, yang terjadi adalah Anda melukai bahkan bisa jadi memotong penampang tembaga yang seharusnya berfungsi mendistribusikan arus sinyal yang didapat oleh antena. Bagaimana apabila lapisan tembaga kabel Anda sangat tipis, apalagi terpotong pada kedua ujung kabel. Yang terjadi adalah penerimaan siaran tv Anda buruk, siaran tv digital sinyalnya naik turun atau jika siaran tv analog akan bersemut karena tidakmulusnya pendistribusian sinyal walaupun Anda telah test dengan multitester bahwa kedua ujung kawat terhubung.



Hal yang terbaik cara memasang kabel coaxial antena tv adalah dengan menggunakan alat pemotong kabel coaxial khusus, atau tetap menggunakan cutter tetapi jangan sampai cutter itu mengenai kawat tengah, jangan sampai melukai apalagi sampai memotong lapisan tembaganya, cukup masukkan pisau cutter sekitar setengahnya lalu putar cutter itu mengitari media yang akan dipotong, setelah itu baru putar isolatornya sampai terputus. Anda bisa menyimak video youtube saya berikut ini dan perhatikan saat masuk pada tahapan memotong isolator kawat tengah :


Untuk kabel yang murni tembaga pada kawat tengahnya saya kira tidak menjadi masalah karena penampangnya tetap utuh tembaga. Arus sinyal akan tetap melewati penampang yang mungkin terkena cutter itu dengan baik. Sebaik apapun, sebagus apapun, semahal berapapun, seimport darimanapun antena tv Anda, apabila distribusi sinyal terganggu atau terputus di jalan, maka siaran tidak akan bisa diterima dengan maksimal.

Yuk diperiksa lagi kabel coaxial antena televisi Anda di setiap ujungnya, terutama apabila kabel Anda sepuhan tembaga, siapa tahu Anda telah melakukan kesalahan fatal itu. Kupas ulang ulang kabelnya dan instalasilah dengan baik dan benar.

Semoga Bermanfaat..

sponsored link

Post a Comment Blogger

  1. saya mau menanyakan untuk membuat antena sendiri, kabel antena kan ada dua disambung ke antena itu biasanya menyambung, apa terpisah ya?

    ReplyDelete

 
Top