Akhir-akhir ini saya banyak ditelpon oleh para calon pembeli Set Top Box (STB) TV Digital, yang hingga tulisan ini saya post, stok STB saya masih kosong menunggu regulasi / aturan tentang TV Digital Terrestrial diterbitkan. Hal itu seiring secara masifnya iklan migrasi tv digital oleh Lembaga Penyiaran Pemerintah (LPP) Televisi Republik Indonesi (TVRI). Mereka mendapatkan informasi melalui televisi lalu mencari di internet. Lalu sampai ke saya, menanyakan stok STB saya sekaligus menyanyakan bagaimana siaran didapat dengan alat itu.

Hal yang paling sering ditanyakan adalah apakah benar STB ini bisa menjernihkan siaran televisi. Tidak sedikit dari mereka kecewa atas apa yang saya jelaskan bahwa untuk saat ini di Jogja, siaran yang didapatkan adalah TVRI dengan 4 konten siaran dan MetroTV dengan 1 konten siaran saja. Mereka mendapatkan istilah STB sebagai penjernih siaran televisi dari internet juga. Indikasi kesalahpahaman ini saya rasakan sejak 2014 yakni saat Arief Masbro Broto member group facebook  TV Digital Jogja-Jateng memposting pengalamannya,
stb dvb-t2 penjernih siaran tv
Share pengalaman di Group FB TV DIGITAL JOGJA-JATENG
Hal ini kemudian disambut oleh pedagang-pedagang online yang menjual STB entah dengan ketidaktahuan mereka atau atas nama strategi pemasaran dengan bahasa yang ambigu untuk mendongkrak penjualannya. Berikut ini hasil screenshot dari para penjual STB dengan iming-iming menjernihkan siaran tv dan bahkan ada yang menyebutnya sebagai Booster.
Set Top Box TV Digital Berfungsi Menjernihkan Siaran Televisi
Pedagang Online STB Penjernih siaran tv

Set Top Box TV Digital Berfungsi Menjernihkan Siaran Televisi
Pedagang Online STB Penjernih siaran tv

Set Top Box TV Digital Berfungsi Menjernihkan Siaran Televisi
Pedagang Online STB Penjernih siaran tv

Analoginya, sebagai penjernih siaran televisi, STB mampu menangkap semua siaran tv yang mengudara termasuk siaran tv lokal dan stasiun tv yang sangat-sangat bersemut. Dan itu SANGAT SALAH. Sistem transmisi / pemancar siaran digital dan analog sangat berbeda, tuner / penala gelombang siaran yang terdapat pada perangkat penerima kita juga berbeda. Tuner pada STB adalah tuner untuk menerima siaran digital saja, tidak bisa menerima siaran analog. Memang hal ini sangat menarik, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang penerimaan siaran televisinya buruk.
siaran simulcast digital dan analog
siaran simulcast digital dan analog
Hal yang paling mungkin untuk diterapkan pada pemahaman bahwa STB menjernihkan siaran tv adalah ketika terjadi siaran simulcast yakni siaran bersamaan antara analog dan digital oleh semua stasiun televisi baik lokal, pemerintah dalam hal ini TVRI, dan swasta nasional. Tetapi ini belum dilakukan.

SET TOP BOX TIDAK MENJERNIHKAN SIARAN TV, FUNGSI UTAMANYA ADALAH UNTUK MENERIMA SIARAN DIGITAL DARI PEMANCAR DIGITAL.
BE SMART BUYER

sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top