Parepare – Palopo Sharing Pengelolaan LPPL TV
PAREPARE – Pemerintah Kota Palopo dan Pemerintah Kota Parepare melakukan sharing informasi pengelolaan  Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) televisi.  Acara ini berlangsung di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Parepare, Selasa, 15 Maret.

Pemerintah Kota Parepare diwakili  Asisten dua Pemkot Palopo, H Burhan Nuddin, sementara Pemerintah Kota Parepare diwakili Kadis Komunikasi dan Informatika, H Iwan Asaad.  Turut mendampingi Iwan pada kesempatan ini adalah Kabid Pemberdayaan Media Komunikasi Diskominfo Parepare, La Ode Arwah Rahman.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Kabag Humas Pemkot Palopo, Baso Akhmad itu, kedua belah pihak banyak bertukar informasi dan pengalaman dalam merancang Tv lokal. Sama Parepare, Pemkot Palopo juga tengah merancang LPPL TV yang direncanakan mengudara pertengahan tahun ini.

Asisten Dua Pemkot Palopo, Burhan Nuddin, menjelaskan, tujuan kunjungan ke Diskominfo Parepare dalam rangka melakukan studi banding proses pengelolaan LPPL , khususnya televisi, terkait rencana  Pemerintah Kota Parepare mendirikan LPPL  TV.

Dipilihnya Kota Parepare,  kata dia, atas rekomendasi Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel, Alem Febri Sonni. Parepare dinilai maju dalam progress pendirian LPPL televisi, khususnya dalam melahirkan payung hukum pengelolaan televisi LPPL dalam bentuk Perda.

Burhanuddin berharap, hasil sharing informasi dengan Pemkot Parepare dapat menyempurnakan konsep rencana pendirian LPPL TV Palopo, yang sekarang ini sudah masuk dalam tahap rencana produksi. “Kami rencana bisa soft opening Juni nanti,” katanya.

Sekadar informasi, untuk Ranperda LPPL TV Peduli, saat ini tinggal menunggu ketuk  palu dari DPRD Kota Parepare. Ranperda ini telah melalui proses uji publik dan kajian akademik, dan diharapkan dapat mengudara paling lambat akhir tahun ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, Iwan Asaad, menjelaskan, sebagai daerah yang memgalami blank spot penyiaran, khususnya siaran-siaran TV nasional  Parepare sangat memerlukan kehadiran sebuah LPPL TV, guna pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat.


Menurut Iwan, komitmen Pemerintah Kota Parepare menghadirkan LPPL TV Peduli sangat besar. Terkait ini, tahun ini pemerintah kota akan segera merenovasi eks rumah dinas  Diskominfo di Jalan Jenderal Sudirman, sebagai studio LPPL TV Peduli.

Pemkot Parepare juga berencana mengandeng TVRI Makassar untuk merelay siaran-siaran TV Peduli secara digital multipleksing dalam bentuk kanal khusus di TVRI Makassar.  Dengan demikian, warga Parepare yang berdomosili di Makassar dan sekitarnya dapat tetap menikmati siaran-siaran TV peduli.

SUMBER: http://www.pareparekota.go.id/kominfo/berita/1930-parepare-palopo-sharing-pengelolaan-lppl-tv

sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top