Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana mengujicoba sistem penyiaran televisi digital awal Juni ini. Rencana itu telah ditindaklanjuti dengan ditandatanganinya peraturan Menteri Kominfo Rudiantara.

Uji coba ini akan melibatkan lembaga penyiaran publik dan lembaga penyiaran swasta yang ada. Rudiantara menyebutkan telah ada sejumlah lembaga penyiaran televisi yang turut berpartisipasi. Namun pembicaraan terkait kesepakatan tersebut masih akan dibahas pihaknya bersama para penyedia konten.

Seiring dengan kemajuan teknologi digitalisasi televisi adalah suatu hal yang tidak dapat dihindarkan. Untuk itu masalah digitalisasi televisi ini akan dimasukan ke dalam revisi Undang-undang Penyiaran yang akan dibahas DPR dan pemerintah.

Sistem penyiaran televisi digital ini mampu menghasilkan gambar dan suara yang lebih tajam dan jernih dibanding siaran analog yang kita kenal saat ini. Format siaran TV digital juga mampu membawa hingga 12 program siaran standard definition dalam satu kanal frekuensi. Sementara TV analog hanya mampu membawa satu program dalam satu kanal frekuensi.

Masyarakat kini menanti realisasi peralihan sistem televisi analog ke digital. Selain memperbaiki modulasi dan kanalisasi televisi, masyarakat tentu berharap adanya perbaikan konten dan mutu siaran televisi dengan peralihan dari sistem analog ke digital ini.

Lewat perbaikan sejumlah regulasi, publik juga berharap peran pemerintah dalam mengawasi peran dan fungsi industri televisi dapat lebih maksimal dijalankan.

SUMBER: http://www.beritasatu.tv/news/lunch-talk-selamat-datang-tv-digital-1/

Silahkan simak video di bawah ini:










sponsored link

Post a Comment Blogger

 
Top