sponsored link


Frequently Asked Questions atau hal-hal yang sering ditanyakan mengenai TV Digital:

Apa yang dimaksud TV Digital Terrestrial ?
TV Digital Terrestrial adalah jenis penyiaran televisi berupa gambar dan suara yang menggunakan sistem modulasi digital dan sistem kompresi tertentu, yang menyalurkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi, melalui stasiun relay yang berada di darat sehingga tidak keluar dari wilayah atau teritory sebuah negara.

Apa kelebihan Siaran TV Digital dibanding Siaran TV Analog ?
Berikut ini adalah kelebihannya:
  • Kualitas gambar dan suara pada TV Digital sangat baik dan setara DVD sampai kualitas HD
  • Jumlah channel bisa lebih banyak
  • Memiliki fitur EPG ( Electronic Program Guide ) yang menayangkan jadwal acara pada stasiun TV
  • Subtitle bisa dipilih
  • Audio bisa dipilih misalnya Audio asli atau Audio Dubbing
  • Ditayangkannya Teletext untuk berbagai informasi
  • Bisa bersamaan dengan Siaran Radio
  • Dimungkinkan aplikasi penyiaran yang baru, multimedia, dan layanan lainnya
  • dan lain sebagainya
Bagaimana cara mendapatkan Siaran Digital ?
  1. Dengan menggunakan pesawat televisi yang built-in tuner DVB-T2, untuk daftar pesawat yang sudah DVB-T2 silahkan buka link ini.
  2. Dengan menggunakan Set Top Box / Decoder TV Digital DVB-T2 dengan cara pasang sebagai berikut, untuk mendapatkannya Anda bisa melakukan pembelian di lapak kami
Televisi saya masih tabung, apakah tetap bisa menyaksikan siaran digital ?
Tetap bisa dengan syarat TV Anda ada input AV berupa plug RCA berwarna kuning-merah-putih atau untuk tv yang lebih tua lagi bisanya ada 2 plug RCA bertuliskan Audio-Video. Biasanya terdapat di bagian belakang (back panel) TV Anda. STB akan masuk melalui jalur tersebut jadi mirip dengan memasang VCD/DVD/Multimedia Player.

Saya punya Monitor Komputer LCD / tabung dan TV Tuner, apakah bisa dipakai juga ?
Bisa dengan syarat kabel inputnya (kabel MMI) masih ada, ada yang AV-in tinggal mencocokkan warna kuning-merah-putih, ada juga yang Composite dengan cara pemasangan: Kuning (video) masuk warna hijau, dan merah putih masuk ke audionya.
SET TOP BOX  >> TUNER TV >>  MONITOR PC

Siaran Digital apa saja yang sudah On-Air di Jogja ?
Anda bisa melihatnya di beranda situs ini atau silahkan Hubungi Kami

Siaran ini menggunakan antena apa ?
Siaran Analog maupun Digital sama-sama menggunakan Frekuensi UHF jadi antenanya juga harus UHF. Anda bisa menggunakan Antena Titis atau antena yang banyak dijual di pasaran atau gunakan antena lama di rumah Anda jika masih layak dipakai.

Saya punya parabola bekas pay-tv apakah bisa digunakan ?
Tidak bisa karena systemnya sangat beda. Pay-Tv menggunakan Set Top Box DVB-S yang inputnya LNB Parabola dan yang kita bahas adalah DVB-T yang inputnya adalah antena UHF. Disini sudah kelihatam bahwa frekuensi yang digunakan berbeda cukup jauh.

Lokasi rumah saya ada di Kota Blablabla apakah sudah bisa menikmati siaran digital ? (Temporary)
Jika Anda berada di Yogyakarta dan sekitarnya, dengan mengarahkan antena ke Bukit Ngoro-oro Pathuk Gunungkidul, Anda sudah bisa menikmatinya dengan peralatan Antena (Antena, kabel, ketinggian, dan arah) yang berkualitas. Untuk daerah lain mohon mencari informasi tentang jangkauan TV Digital di Kota Anda melalui Call Center TV Digital di Kemenkominfo Jakarta dengan nomor 021-500801. Jangan lupa tanyakan juga lokasi / alamat / koordinat stasiun pemancar terdekat agar Anda bisa mengarahkan antena Anda dengan tepat dan benar.

sponsored link

 
Top